Uncategorized

Batik Tulis

1. Sekar Kupu-Kupu Ngibing

Sekar Kupu-Kupu NgibingFilosofi :

Mempunyai jiwa perjuangan dalam hidup, menempuh kesempurnaan dan keseimbangan dalam proses kehidupan, bijaksana dan bahagian dalam menyikapi kehidupan, menebar keindahan sikap dan tidak mengganggu kehidupan disekitarnya.

2. Sekar Hanjuang

Sekar HanjuangFilosofi :

Hanjuang adalah salah satu tumbuhan/ tanaman pelindung atau pembatas.

Harapan untuk pemakai :
Memahami batas kebaikan dan keburukan sehingga dapat menjadi panutan yang melindungi masyarakat disekitar.

3. Sekar Kembang Baros

Sekar Kembang BarosFilosofi :

Sekar Kembang Baros diambil dari satu jenis tanaman bunga yang tumbuh tinggi dan rindang sehingga dapat dipergunakan untuk berteduh. Baros ini adalah salah satu wilayah Kota Cimahi Tua.

Kembang Baros (Kembang Cempaka Putih) mempunyai bentuk yang indah, manfaat yang baik dan disukai karena wanginya.

Harapan bagi pemakai : Memperlihatkan keanggunan dan keindahan dalam berpakaian sehingga orang yang melihatnya selalu teringat akan keindahan baju sipemakai. Selain itu diharapkan dapat menebar kebaikan dan keindahan sikap sehingga dikenal di masyarakat dengan budi pekertinya.

4. Sekar Kembang Melati

Sekar Melati LigarFilosofi :

Memperlihatkan kecantikan dan keindahan alami sebagai bunga seribu manfaat.

Harapan bagi pemakai :
Menebar kebaikan dan keindahan sikap, serta banyak memberikan manfaat kepada masyarakat disekitarnya.
Dianjurkan digunakan oleh wanita.

5. Sekar Awi Ligar

Sekar Awi LigarFilosofi :

Memperlihatkan keindahan sebuah karya atau karakter atau pribadi seseorang, kewibawaan seorang priyayi, dan kebermanfaatan bagi masyarakat dari semua potensi yang dimiliki tetapi mampu hidup berdampingan di tengah masyarakat luas.

6. Sekar Tumpalwiwaha

Sekar TumpalwiwahaFilosofi :

Memperlihatkan keteguhan prinsip dalam pencapai cita-cita luhur, siap menerima tantangan dalam proses kehidupan tanpa mengenyampingkan keindahan sikap, rendah hati atau bijaksana dalam menyikapi kekuasaan.

7. Sekar Wibawa Mukti

Sekar Wibawa MuktiFilosofi :

Memperlihatkan kewibawaan seseorang dengan kepribadian dan kesantunan sikap, dalam melaksanakan tugas sebagai makhluk Tuhan, bebas berkarya dan menghargai karya orang lain dengan bijaksana.

8. Sekar Arum

Sekar ArumFilosofi :

Memperlihatkan keteguhan prinsip dalam pencapai cita-cita luhur, siap menerima tantangan dalam proses kehidupan tanpa mengenyampingkan keindahan sikap, rendah hati atau bijaksana dalam menyikapi kekuasaan. Sehingga selalu dikenang sebagai seseorang yang bijaksana.

9. Sekar Dadali

Sekar DadaliFilosofi :

Dadali (Garuda) memperlihatkan kekuatan prinsip dalam memimpin, mampu melihat situasi, pantang menyerah, namun bijaksana.

10. Sekar Kawung Kujang

Sekar Kujang PajajaranFilosofi :

Memperlihatkan kebijaksanaan prinsip seorang pemimpin d

alam melaksanakan kepemimpinannya dan kebermanfaatan dari semua potensi yang dimilikinya berlandaskan lima azas kehidupan yaitu :
1. Amanah, 2. Perbuatan, 3. Kebersamaan,
4. Tujuan, 5. Kesempurnaan.

11. Sekar Awi Tamiang

Sekar Awi TamiangFilosofi :

Memperlihatkan kekokohan prinsip bagi pemakai, namun masih mensiratkan keindahan dan keluesan. Menebar manfaat atas potensi yang dimiliki dalam kehidupannya sehari-hari.

12. Sekar Kai Baros

Sekar Kai BarosFilosofi :

Diharapkan dapat menjadi pelindung bagi keluarga dan masyarakat disekitar tanpa mengenyampingkan keindahan sikap, budi pekerti, tatakrama dan aturan yang berlaku dimasyarakat.

13. Sekar Wentar Pakarang

Sekar Wentar PakarangFilosofi :

Diharapkan dapat menjadi pelindung bagi keluarga dan masyarakat disekitar tanpa mengenyampingkan keindahan sikap, budi pekerti, tatakrama dan aturan yang berlaku dimasyarakat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.